Tes Kemampuan Non Verbal Individual Menyeluruh dan Universal

Tes Kemampuan Non Verbal Individual Menyeluruh dan Universal : Tes Kemampuan Non-verbal Individu

Tes Kemampuan Non VerbalPemeriksaan psikometri yang mengharuskan menunjuk, memanipulasi obyek, atau respons non-verbal lain, bukannya berbicara atau menulis, disebut tes non-verbal. Kinerja pada tugas tertentu pada tes ini dipermudah dengan bahasa verbal, namun penggunaannya diminimalkan. Tes semacam ini seringkali dibunakan terhadap orang dengan jenis cacat tertentu atau karena latar belakang budaya berbeda.

Ketika mengetes orang tunanetra, serangkaian enam tes kinerja yang dirancang khusus, yang dikenal sebagai Skala Kecerdasan Haptik bagi Orang Dewasa Tunanetra (Haptic Intelligence Scale for Adult Blind). Tes ini kadangkala diselenggarakan bersama dengan Skala Verbal-WAIS sebagai ukuran kecerdasan orang dewasa tunanetra dan sedikit bermasalah dengan penglihatan.

Tes Kecerdasan Non-Verbal Menyeluruh

Comprehensive Test of Non-verbal Intelligence (CTONI) merupakan salah satu tes non-verbal terbaru bagi orang cacat. Tes ini memiliki rentang usia luas (6 – 90 tahun) da dapat diselenggarakan sekitar 1 jam. CTONI terutama sesuai untuk mengestimasi kecerdasan anak dan orang dewasa yang memiliki masalah keterampilan bahasa dan motorik dalam tingkat ringan. Mereka mungkin orang yang berbicara bahasa non Inggris, yang secara sosial ekonomi kekurangan atau tunarungu, atau emiliki gangguan bahasa ketidakmampuan motorik, atau gangguan neurologi.

Enam subtes CTONI meliputi Analogi foto (Pictorial analogies), Geometric analogies, Pictorial catagories, Geometric categories, Pictorial sequences, dan Geometric sequences. Subtes tersebut dirancang untuk mengukur penalaran analogi, klasifikasi kategori, dan kemampuan penalaran berurutan, seperti yang dinyatakan ke dalam respons terhadap gambar obyek yang biasa dilihat (binatang, orang, mainan, dan lain-lain). Respons yang diberikan oleh peserta tes tersebut kemudian di skor dan skor tersebut dikombinasikan untuk memberikan 3 (tiga) composite quotients; Non-verbal Intelligence Quotient (NIQ), Pictorial Intelligence Quotient (PNIQ), dan Geometric Non-verbal Intelligence Quotient (GNIQ).

 Tes Kecerdasan Non-verbal Universal

Universal Non-verbal Intelligence Test (UNIT) dirancang untuk memberikan ukuran kecerdasan pada individu dengan gangguan bicara, bahasa, atau pendengaran, dan pada orang yang tidak mampu berkomunikasi secara verbal atau memiliki latar belakang budaya atau bahasa yang berbeda. Untuk meyakinkan keadilan tanpa memperhatikan budaya, etnik, gender, atau pendengaran, UNIT dikembangkan baik untuk penyelenggaraan non-verbal maupun format respons. Penyelenggaraan kumpulan soal tes ini juga memasukkan berbagai cara merespons, yang mencakup penggunaan manipulasi (pengubah-ubahan), kertas, dan pensil, dan penunjukan (pointing). Delapan (8) isyarat tangan dan tubuh universal digunakan untuk menjelaskan tugas tes bagi peserta tes. Disamping isyarat tersebut, penyelenggaraan tes memuat demonstrasi oleh peserta tes, sampel item, respons pembetulan (corrective reponse), item pemeriksaan peralihan (transitional checkpoint items), dan item yang tidak memperbolehkan peserta tes melakukan umpan balik.

Ada enam subtes pada Kumpulan Soal Luas (Extended Battery) UNIT, yaitu: Ingatan simbol (Symbolic Memory), Object Memory, Spatial Memory, Analogic Reasoning, Cube Design, dan Mazes. Skor mentah pada subtes tersebut dikonversi ke skor berskala yang memiliki mean sepuluh (10) dan deviasi standar tiga (3). Lima (5) quotient berikut ini juga ditentukan dengan kombinasi skor pada enam subtes Kumpulan Soal Perluasan (Extended battery) atau empat subtes Standard Battery: Full Scale Intelligence (FSIQ), Memory Quotient (MQ), Reasoning Quotient (RQ), Symbolic Quotient (SQ), dan Non-symbolic Quotient (NSQ). Extended Battery membutuhkan waktu pengerjaan 45 menit, sedangkan Kumpulan Soal Standar membutuhkan 30 menit.

Berikan Komentar Tentang Ini :

Komentar