Terungkap Ada Jasad Mumi di Dalam Patung Budha

Mumi Kuno di Dalam Patung BudhaAda patung Budha yang belum lama ini dipamerkan pada Museum Drent, Belanda, patung ini sangat menarik perhatian publik dunia. Sebab patung Budha yang tengah bermeditasi itu di dalamnya terdapat tubuh mumi atau jasad manusia yang terlihat jelas tulang2nya ketika dilakukan scanning.

Hal itu dipastikan dengan terang setelah patung Budha asal Tiongkok itu di-CT scan melalui alat pemindaian di sebuah rumah sakit Belanda yang mendapatkan data sangat mencengangkan. Biasanya peninggalan ataupun patung-patung yang berasal dari peninggalan zaman dahulu, terbuat dari tanah liat yang dibakar agar awet. Dan biasanya, peninggalan patung digunakan di dalam kuil atau bangunan kuno.

Melansir io9.com, yang diterbutkan pada Senin 23 Februari 2015, menurut petugas Museum Drent, di dalam patung tersebut terdapat jasad mumi biarawan Liuquan yang diperkirakan hidup sekitar 1.100 masehi. Patung Budha itu merupakan benda bersejarah abad ke-11 dan ke-12 milik Sekolah Meditasi China.

Kepastian adanya tubuh mumi di balik patung itu diketahui setelah rumah sakit terkenal di Amersfoort, Belanda, Meander Medical Centre, memindai dan tes endoskopi patung Budha duduk tersebut. Studi untuk menguak patung ini dipimpin oleh Erik Bruijn yang juga seorang ahli agama Buddha. Ia mengatakan jika mumi tersebut adalah seorang master Buddha Liuquan, yang berasal dari Sekolah Meditasi Cina.

mumi dalam patungDengan dibantu beberapa karyawan rumah sakit, seorang dokter ahli memeriksa rongga dada dan perut mumi dan kemudian mengambil sampel hati dan bagian perut mumi.

“Dia (dokter ahli) membuat penemuan spektakuler pada organ (mumi). Di sana ditemukan semua jenis bahan busuk, sisa kertas yang dicetak dalam huruf Tiongkok kuno,”.

Kata keterangan resmi rumah sakit Belanda itu dilansir Robswebstek.com. Peneliti rumah sakit juga mengambil sampel tulang untuk uji DNA. Penelitian mumi ini akan dipublikasikan dalam monografi Master Liuquan. Setelah dipamerkan di Belanda, mumi itu akan dipamerkan di Museum Naturak History, Budapest, Hungaria sampai Mei 2015.

Pada bulan Januari lalu, juga terdapat sisa-sisa mumi seorang pria, yang tampaknya sedang bermeditasi dalam posisi lotus yang ditemukan di Mongolia.

Sumber : Viva

Berikan Komentar Tentang Ini :

Komentar